INDOawesomespot

Kamis, 17 Januari 2013


Banyak Tempat Wisata Unik Indonesia yang Belum Dikenal

Kepulauan Penemu, Raja Ampat. (Yudo Dahono/Beritasatu.com
Kepulauan Penemu, Raja Ampat. (Yudo Dahono/Beritasatu.com

Banyak lokasi wisata yang unik dan belum dikenal banyak orang. Padahal tempat tersebut berada di daerah tujuan wisata yang umum dikunjungi wisatawan terutama di Indonesia.



Untuk mendapatkan tempat unik tersebut, yang dapat dilakukan oleh pelancong adalah adalah rasa ingin tahu untuk mengeksplorasi daerah tempat dia berada.



Hal ini dikatakan oleh pembawa acara televisi dan petualang, Riyanni Djangkaru, dalam acara buka puasa bersama sekaligus peluncuran kampanye digital AirAsiaGo.com.



Situs itu diharapkan bisa memperkenalkan lebih banyak tujuan wisata di Indonesia.



“Banyak orang menganggap bahwa tidak ada yang baru di tujuan wisata yang umum dikunjungi seperti Bali atau Bandung, tapi sebenarnya banyak hal dan tempat yang unik bisa ditemukan, kalau mau lebih ekplorasi dan berinteraksi dengan masyarakat lokal,” ujar Riyanni.



Salah satu contohnya, adalah pantai Pasih Uug, pantai di Pulau Nusa Penida yang berada di sebelah tenggara Pulau Bali. Pasih Uug adalah pantai yang unik karena terdapat laguna dengan air yang jernih dan dihiasi jajaran tebing karang namun masih jarang dikunjungi wisatawan.



Kepala bagian pemasaran AirAsiaGo Indonesia, Stanly Mangindaan, mengatakan preferensi pelancong Indonesia adalah mereka akan mau melancong ke suatu tempat baru, bila sudah ada testimoni word of mouth (dari mulut ke mulut) dari orang-orang lain yang sudah mengunjungi tempat wisata yang berbeda dan baru itu.
“Sekarang ini sudah mulai banyak pelancong Indonesia yang mau ekplorasi ke destinasi baru dan melakukan aktivitas wisata yang lain, tidak hanya belanja saja,” ujar Stanly.


Sebagai contoh, wisatawan Indonesia mulai menampakkan minat untuk wisata ke pantai seperti ke Phuket di Thailand, dibandingkan dengan sebelumnnya yang cenderung memilih untuk hanya berbelanja di Bangkok.



“Ada juga yang memilih ke Penang, Malaysia untuk wisata kuliner, selain juga untuk mencari pelayanan rumah sakit,” kata Stanly.



Selain itu, hal-hal utama yang dicari oleh wisatawan Indonesia untuk melakukan perjalanan wisata adalah mencari tahu harga akomodasi di tempat tujuan mereka, kota mana yang biaya makan dan transportasinya terjangkau, dan apakah tempat itu ada lokasi wisata belanjanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar